Wednesday, June 3, 2009

Menata Kamar Si Kecil


Rasanya gampang-gampang sulit bagi kita untuk mengatur atau menata kamar yang tepat buat anak kita yang masih berusia di bawah lima tahun. Bukan hanya sekedar memikirkan segi keindahan saja, tapi yang paling penting kita harus memastikan segi keamanannya. Karena anak usia seperti itu sudah sangat aktif, sementara kemampuan keseimbangannya masih belum sempurna. Jangan karena menginginkan kamar anak tampak ’wah’ (wah, mewahnya. Wah, modernnya, dll) eh, si anak yang tidak betah disana.

Balita tertarik pada warna-warna cerah yang mencolok, seperti merah, biru, kuning, dan pink. Maka, sebaiknya kita menggunakan warna-warna cerah seperti ini juga untuk kamarnya. Baik cat/wallpaper, seprei, selimut, bantal, ataupun tirai.

Perabotan sebaiknya tidak terlalu banyak. Karena anak-anak masih rentan tersandung. Kalaupun di kamar orang tua tersedia meja rias, belum perlu rasanya menempatkan meja rias juga di kamar balita, kan? Toh dia juga masih belum akan menggunakannya dalam waktu dekat. Lebih baik diganti berupa mainan-mainan. Ataupun meja plastik dari bahan ringan dengan ujung melengkung, agar tidak membahayakan kalau anak terbentur pada meja itu. Berikan warna-warna yang ceria.

Sebaiknya tidak usah menggunakan barang-barang dari kaca. Karena kalau tersenggol bisa pecah dan melukai anak.

Untuk tempat tidur, sebaiknya menggunakan tempat tidur yang rendah. Bila perlu lengkapi dengan penghalang untuk pengaman. Ini berjaga-jaga agar si kecil tidak terjatuh, sewaktu berguling-guling dalam tidurnya.

Dan yang pasti, jauhkan dari segala benda-benda listrik. Tempatkan lampu di area yang tidak mudah dijangkaunya. Jangan ada wayar-wayar yang berseliweran. Karena hal-hal seperti itu biasanya cukup menarik perhatiannya. Sehingga dia tergoda untuk menyentuhnya.

Yang terakhir, gantungkan lukisan-lukisan berwarna sebagai penghias kamarnya. Bisa bergambar hewan-hewan, bunga-bunga, atau apapun yang menjadi hobby si kecil. Misalnya dia menyukai sepak bola, berikan gambar bola ataupun boneka berbentuk bola. Kalau si kecil senang melukis, bingkai dan gantung lukisannya tadi menjadi hiasan di kamarnya. Dia pasti merasa senang dan bangga.

No comments:

Post a Comment

Visit my other blogs:
Mommy Mayonnaise
Mirror On The Wall
Cerita Film

Spamming and insulting comments are not allowed and will be deleted for sure. Thanks for sharing your opinions.

Shelfari: Book reviews on your book blog
Blog Widget by LinkWithin
 

~Serendipity~ | Simply Fabulous Blogger Templates | Mommy Mayonnaise | Female Stuff