Friday, June 5, 2009

Iklan kecap yang tidak sedap


Masih ingat dengan iklan Kecap Sedaap yang sekarang ini sudah menghilang, nggak? Ceritanya tentang seorang anak SD yang sepertinya sedang kelaparan sepulang dari sekolah. Dia pergi ke dapur, kebetulan ibunya tidak ada disana. Dan tidak ada makanan yang terhidang di meja. Padahal, desain interior dapurnya mewah, lho. Tapi dia bahkan tidak menyempatkan diri untuk melongok ke lemari makan, kalau misalnya ada.

Tapi yang dia lakukan adalah mengambil setoples besar kerupuk dan sebotol kecap Sedaap. Lalu dia menyantap nasi hanya dengan lauk kerupuk dan kecap manis cap Sedaap. Hebatnya, dia menghabiskan sebotol kecap manis itu dalam sekejab, bahkan sebelum nasinya habis.

Menyadari isi kecap di dalam botolnya sudah habis, dia lalu mulai marah dan menjerit-jerit. Mendadak, ibunya yang langsing dan berpakaian menarik muncul, sambil membawakan sebotol kecap manis cap Sedaap lagi. Si anak langsung gembira, dan kembali melanjutkan makannya. Masih dengan lauk kerupuk juga.

Ada yang menggelitik tentang iklan ini. Bagaimana pesan yang mungkin diterima adalah tidak masalah kalau anak-anak hanya makan nasi dengan kerupuk dan kecap manis. Tapi, apakah tidak lebih bijaksana, kalau lauk yang ditampilkan bukan hanya kerupuk? Kalau tidak ingin menampilkan daging, buatlah lauk ikan juga. Sayur mayur sederhana ataupun sebuah jeruk. Jadi, anak yang makan dengan lahap itu, tidak hanya dipenuhi dengan kerupuk yang tidak ada vitaminnya seperti itu. Masa’ iya, kerupuk dan kecap manis itu cukup?

Saya juga penggemar kerupuk kok. Apalagi kalau dimakan bersama nasi. Tapi, janganlah terlalu naif. Seenak apapun dan sebergizi apapun kecap yang sedang diiklankan itu, tetap saja tidak bisa menggantikan kualitas makanan sehat kan? Jadi, tampilkan kerupuk dan kecap sebagai makanan kesukaan, tapi jangan lupakan juga informasikan bagaimana makanan sehat yang sebenarnya.

Karena masyarakat gampang sekali terpengaruh dengan iklan. Kalau iklannya mengajari anak untuk makan hanya dengan kecap dan kerupuk (kalau orang tuanya mampu, lho) dengan persetujuan ibunya pula, kan kesannya jadi tidak mendidik. Kok, ibunya tidak perhatian begitu? Tapi ajaklah anak agar mau mau makan makanan sehat. Tidak perlu mewah, dengan keju atau sebagainya. Cukup nasi, ikan, sayur dan buah sederhana. Kalau anak melihat tokoh iklan favoritnya di tv mau makan sayur, akan sedikit lebih mudah pula baginya untuk makan sayur kan?

Pilihlah materi yang mendidik, kalau menyangkut anak-anak di dalamnya.

4 comments:

  1. Ehm ehm...mau buka rahasia nih. Makan nasi pake krupuk n kecap memang sedaaaap! hahaha

    Tapi...memang benar sudah bukan jamannya iklan2 di TV seperti iklan ini lagi, kan masyarakat juga sudah makin pintar. Saya yakin mrk yg nonton iklan ini geleng2 dan berpikiran " duuh, ngga gitu2 amet deh suka sama krupuk dan kecap nya"
    Tapi jika yg menonton anak kecil, naaah...ini lain perkara, karena mereka bisa 'menelan' mentah2 sajian iklan ini :(

    ReplyDelete
  2. Horas ito,,,
    Trima kasih udah singgah ke rumah kecilku di http://agusthutabarat.wordpress.com

    Kenalkan ito,
    aku marga hutabarat parbaju raja na godang no 18..
    ito sendiri hutabarat nomor berapa..??

    Horas.....

    ReplyDelete
  3. Ga apa2 ito..

    salam buat semua keluarga hutabarat..
    semoga dengan ini kita bisa lebih sering bertukar pikiran dan berinteraksi...

    Horas........

    ReplyDelete
  4. Horas!!!!
    Iklan2 di Indonesia ya memang begitulah. Jarang yang berpikir komprehensif, logis, penuh perhitungan, peduli gizi, seperti yang dibayangkan Risma Hutabarat.
    Masih lumayan iklan kecap. Iklan sampo dan iklan pemutih kulit lebih bahaya dan RASIS. Yang penting, kita tetap kritis, punya akal sehat. Jangan mau dibohongi televisi2 Jakarta itu.

    ReplyDelete

Visit my other blogs:
Mommy Mayonnaise
Mirror On The Wall
Cerita Film

Spamming and insulting comments are not allowed and will be deleted for sure. Thanks for sharing your opinions.

Shelfari: Book reviews on your book blog
Blog Widget by LinkWithin
 

~Serendipity~ | Simply Fabulous Blogger Templates | Mommy Mayonnaise | Female Stuff