Thursday, August 20, 2009

Jangan Sembarangan Dengan "ENTER"

Internet ini memiliki dua wajah. Kita pasti bisa memahami hal itu. Salah satu dari wajahnya itu rupawan karena lewat internet kita bisa membuka jendela dunia dan mendapatkan banyak ilmu sekaligus juga sebagai wadah hubungan sosial seperti Facebook dan sejenisnya. Manfaatnya? Tentu saja untuk memperluas wawasan kita, tanpa harus repot-repot melangkahkan kaki. Cukup dengan sebuah komputer yang terhubung dengan internet, maka kita sudah bisa keliling dunia dan melihat berbagai hal hanya dalam satu hari saja. Padahal, dalam kehidupan nyata, mungkin kita tidak memiliki kesempatan untuk bisa melihatnya langsung.

Tapi internet juga memiliki wajah yang buruk rupa. Karena lewat internet kita juga bisa tersandung masalah yang akan mengobrak-abrik kehidupan nyata kita. Kasus Prita adalah salah satu contohnya. Dan yang saat ini jadi sorotan adalah si cantik Marshanda.

Aku sebenarnya tidak terlalu ambil pusing dengan apapun yang menjadi penyebab dan latar belakang dia meng-up load sendiri videonya itu ke You Tube. Awalnya aku sempat beranggapan kalau ini hanyalah salah satu taktik untuk mendongkrak popularitas belaka. Yah, yang seperti ini kan bisa dianggap biasa di dunia selebritas. Walaupun belakangan ini muncul tanggapan yang menyatakan kalau ternyata Marshanda mengalami masalah psikologis. Aku jadi kasihan juga melihat dia. Umurnya masih remaja, tapi sudah terhantam frustrasi layaknya orang yang sudah puluhan tahun mengalami masalah. Tapi sudahlah, bukan itu yang mau kubicarakan.

Aku lebih kasihan melihat dia menjadi bulan-bulanan media, sekarang ini. Coba lihat, hampir semua tayangan infotainment berlomba-lomba membuat berita tentang video ini. Sampai-sampai aku bosan melihatnya. Karena sebenarnya, berita yang dibuat masih itu-itu saja, hanya kalimatnya saja yang diganti-ganti. Tidak ada kemajuan sama sekali.

Dunia maya telah ”memakan Marshanda hidup-hidup”. Walaupun suatu saat video itu dihapus, tapi orang tidak akan dengan mudah melupakannya. Orang akan selalu mengingat ”kegilaan sesaat” Marshanda ini, meskipun ternyata di kemudian hari dia tetap dinyatakan waras. Orang akan tetap mengingat dia pernah terpuruk karena ”frustrasi” meskipun minggu depan dia membuat konferensi pers sambil tersenyum lebar dan mengatakan kalau itu semua hanya perbuatan iseng yang muncul tiba-tiba dalam pikirannya.

Apapun yang akan dibuatnya untuk menghapus ”jejak” yang satu ini akan gagal. Dan penyebabnya hanyalah karena ia tidak bisa menguasai jarinya agar jangan ”menekan tombol enter” ketika akan meng-upload video itu ke internet.

Orang menyalurkan perasaannya dalam berbagai bentuk. Ada yang memilih untuk menangis, tertawa, memaki-maki, menghancurkan barang-barang, dan sebagainya. Tapi hanya segelintir orang yang ”berani” merekamnya. Dan dari yang segelintir ini, hanya se-uprit orang yang ”cukup gila” untuk menyebarkannya sendiri di internet. Kau mau meluapkan amarah terhadap orang tertentu yang sudah menyakiti hatimu, kemudian ingin merekamnya untuk melihatnya kembali di kemudian hari? Silahkan. Tapi jangan disebarluaskan dong. Apa gunanya?

Internet itu tidak punya jiwa. Ia tidak bisa memilah-milih yang mana yang patut atau tidak patut untuk disebarluaskan. Dan dunia maya dipenuhi oleh ”hiu-hiu ganas” yang akan siap menerkam mangsanya kapanpun ia mencium aroma darah. Dan sekali nyemplung ke dalamnya, sulit untuk bisa keluar dengan utuh. Oke, mungkin tidak sampai meninggal. Tapi paling tidak akan kehilangan salah satu atau lebih dari satu anggota tubuh. Setelah itu, mau bagaimana? Menyesal? Meski menangis pun tidak akan bisa mengembalikan anggota tubuh yang sudah hilang karena disambar hiu itu.

Hati-hatilah dengan perangkat kecil tapi canggih yang ada di hadapanmu sekarang ini. Karena selain berfungsi sebagai jendelamu untuk menatap dunia dan menggali ilmu pengetahuan, layar berukuran beberapa inci dengan barisan tombol di bawahnya itu juga memiliki kuasa untuk menghancurkan nama baik dan hidupmu hanya dengan sekali menekan tombol enter. Jadi, pertimbangkan terlebih dahulu dengan masak-masak sebelum ”membagi rahasiamu” dengan hiu-hiu lapar yang menunggu di Dunia maya ini. Sekali rahasia kelam hidupmu nyemplung ke dalamnya, bersiap-siaplah untuk menjadi bulan-bulanan massa yang tidak pasti sampai kapan akan berakhir.

17 comments:

  1. Itukan kalo selebritis yg sembarang mengupload ke internet, lha kalo saya yg upload ?? buat apa juga media ikut "heboh" hahaha...

    Tp kasian juga marshanda, dah depresi malah di anggap sensasi? huh..yg sabar aja neng...?!!!

    ReplyDelete
  2. memang kadang didunia n zaman serba canggih ini kita kadang harus siap Mpok risma..jika salah malah kita yang dimakan oleh ilmu pengetahuan skrang..Hebat Mpok..btw..kalo buat poto rujaknye..saya akan usahakan ye Mpok..slam buat kluarga.."Mohon Maaf Lahir Batin" Jika ada salah kata saye yang salah Mpok..

    ReplyDelete
  3. wahh kukira tadi ito risma yang salah enter jadi tampil foto marshanda..Memang betul tuh.. banyak orang tidak bijak membagi dan menampilkan apa yang seharusnya tidak perlu ditampilkan..

    Ayo waspadalah..waspadalah..

    ReplyDelete
  4. wakaka..tdnya ku kira tadi nih pengalaman mbak risma..haha,,
    emank sebelum "enter" kita harus mikir2 dulu nih..
    *jadi deg2 an mikirin enter wakaka --"

    ReplyDelete
  5. Tapi mbak,saya ingin sekali terkenla di dunia maya, upload apa ya yang menarik?

    ReplyDelete
  6. Kadang bukan karena salah enter, tapi salah tujuan. Tujuannya pingin iseng malah jadi bumerang. Ada baiknya orang Indonesia bersikap bijak sesuai budaya kita yang santun dan pemaaf.

    ReplyDelete
  7. Adoooh siapa ini dia yaaa??? ;D
    k youtube dulu aaaah! ( wah... bErhasil dong teknik cari sensasinyA)

    ReplyDelete
  8. makanya harus ada yang diterapkan dalam diri kita. "jangan pernah mengumbar cerita tentang diri pribadi ke dalam dunia maya"

    ReplyDelete
  9. sayangnya aku kok belum liaht videonya ya..

    ReplyDelete
  10. kasian, ga ada tempat curhat sampe ngebiarin curhatnya diliat orang bnyk, depresi tu orang

    ReplyDelete
  11. waspadalah..waspadalah!!!! kata bang napi bang ada benarnya juga tuch...kalo kita ga selektif meupload via internet takutnya ntar juga bikin kita susah aja tuch..

    ReplyDelete
  12. Internet bisa baik dan bisa buruk, tergantung dari segi mana kita menilai. Tetapi yang penting jadilah blogger yang tetap mempunyai jiwa dan nilai yang positif.

    Salam

    ReplyDelete
  13. dunia maya memang begitulah salah satu resikonya...untung videonya mbak marsanda gak ada aksi yang "berbahaya" seperti video2 celebs luar negeri...

    ReplyDelete
  14. ada gak enaknya juga ya jadi artis, selalu jadi sorotan publik apalagi kalo berita jelek pasti deh nyebarnya cepat bgt... turut prihatin buat Marshanda.

    ReplyDelete
  15. iya ni memang hrus hati2... di dunia maya ini...

    ReplyDelete
  16. Pergunakanlah dunia maya ini untuk memperbaiki kualitas hidup dan kebijaksanaan. Bukan sebagai sarana mempermalukan diri :D
    Terimakasih komentarnya ya..

    ReplyDelete

Visit my other blogs:
Mommy Mayonnaise
Mirror On The Wall
Cerita Film

Spamming and insulting comments are not allowed and will be deleted for sure. Thanks for sharing your opinions.

Shelfari: Book reviews on your book blog
Blog Widget by LinkWithin
 

~Serendipity~ | Simply Fabulous Blogger Templates | Mommy Mayonnaise | Female Stuff