Friday, April 24, 2009

Holocaust


Holocaust adalah peristiwa terbesar yang dialami penduduk Eropa. Bagaimana para tentara SS Nazi membantai jutaan kaum Yahudi di kamp-kamp konsentrasi. Ada tiga kamp konsentrasi yang didirikan oleh Nazi untuk membantai kaum Yahudi. Yaitu: Auschwitz, Birkenau dan Monowitz. Masing-masing kamp konsentrasi ini memiliki Komandan Kamp masing-masing. Dan kamp yang paling dikenal adalah Auschwitz.

National Geographic Channel menanyangkan sebuah program dokumenter tentang Kamp Auschwitz. Ada penemuan album foto yang mendokumentasikan peristiwa pembantaian massal di Auschwitz yang dikirim ke Museum Holocaust. Album itu berisi 116 foto yang menunjukkan segala hal si kamp itu. Peristiwa pembantaian kaum Yahudi Hongaria pada musim panas tahun 1944. kedatangan kaum Yahudi ke kamp Auschwitz adalah sekitar 8000 orang per harinya.

Ada foto tentang para eksekutor Nazi yang sedang menikmati waktu istirahat mereka sambil tertawa-tawa. Narator program itu menggambarkan kalau mereka mungkin sedang saling bertukar cerita, tentang bagaimana repotnya tugas mereka tadi sewaktu membunuh ribuan manusia. Dan mereka mengobrolkan hal itu sambil makan dan minum.

Lalu ada juga foto-foto gerbong kereta berjumlah 147 buah. Gerbong-gerbong inilah yang telah mengangkut 457.402 orang dari Hongaria hanya dalam sekali angkut saja, pada tanggal 15 Mei 1944. Perjalanan yang mengerikan itu berlangsung selama 54 hari. Nonstop! Jadi, selain berdesak-desakan, para tawanan itu juga harus buang air di dalam gerbong, karena tidak ada kesempatan untuk berhenti. Dan kalau ada diantara mereka yang tewas dalam perjalanan, maka mayat itu juga akan tetap ada bersama mereka sampai ke Auschwitz.

Sampainya di kamp, mereka akan dibagi dalam dua jalur. Yang pertama, adalah jalur untuk mereka yang fisiknya masih kuat dan tenaganya bisa dimanfaatkan. Mereka akan disuruh berbaris untuk masuk ke ruang sauna, dimana rambut mereka akan dicukur dan dimandikan.

Sementara jalur kedua adalah untuk mereka yang dianggap tidak mampu bekerja lagi. Dan mereka akan diarahkan ke tempat-tempat pembantaian, yaitu kamar gas. Orang-orang yang masuk dalam kategori ini biasanya adalah wanita dan anak-anak serta orang-orang tua ataupun yang sudah sakit-sakitan.

Dokumenter itu menyatakan, kalau sebanyak 80% orang-orang Yahudi yang tiba di Kamp Auschwitz langsung tewas pada hari itu juga. Para tentara SS menggunakan waktu mereka 24 jam dalam 7 hari untuk mempercepat proses pembantaian itu. Bahkan, karena ruang gas dianggap tidak mampu lagi menampung, mereka bahkan dibakar di halaman terbuka.

Foto-foto di Museum Holocaust itu menunjukkan wajah-wajah mereka yang sedang berbaris dengan rapi menuju ke ruang gas. Anak-anak yang masih tersenyum-senyum dalam gendongan ibunya, wanita-wanita yang dengan wajah bingung dan ketakutan karena tidak tahu apa yang akan menimpa mereka. Bahkan banyak diantara mereka yang masih bayi dan balita.

Bagaimana mungkin, manusia-manusia itu bisa membunuh sesama manusia juga ya? Para tentara SS membunuh wanita-wanita Yahudi, kemudian kembali ke rumah dan memeluk istri mereka masing-masing. Nazi juga membunuhi anak-anak Yahudi, kemudian pulang dan bermain-main dengan anaknya di rumah.

Mereka bukan monster. Mereka juga manusia seperti kita. Hanya saja, mereka adalah manusia yang berkelakuan seperti monster .

No comments:

Post a Comment

Visit my other blogs:
Mommy Mayonnaise
Mirror On The Wall
Cerita Film

Spamming and insulting comments are not allowed and will be deleted for sure. Thanks for sharing your opinions.

Shelfari: Book reviews on your book blog
Blog Widget by LinkWithin
 

~Serendipity~ | Simply Fabulous Blogger Templates | Mommy Mayonnaise | Female Stuff