Wednesday, May 13, 2009

Coba Bersihkan Dengan Garam

Pertama, Cofeemaker
Gelas coffeemaker yang sering kusam karena terkena kopi bisa dibersihkan dengan mudah. Campur satu cangkir es batu dengan satu sendok makan air dan empat sendok garam. Masukkan bahan-bahan tadi ke dalam gelas coffeemaker lalu aduk perlahan selama beberapa saat. Kemudian bilas dengan air, dan cuci dengan sabun seperti biasa.



Kedua, Cangkir kopi dan teh
Untuk menghilangkan noda di bagian dasar cangkir, taburkan saja garam pada bagian yang terkena noda. Tambahkan sedikit air, dan gosok perlahan-lahan. Kemudian cuci hingga bersih.



Ketiga, Kompor
Untuk noda hangus, gunakan campuran garam dan kayu manis. Taburkan pada permukaan yang terkena noda hangus. Kemudian segera bersihkan dengan kain lap.
Untuk noda minyak dan noda berbentuk cair lainnya, setelah ditaburi garam dan kayu manis, diamkan dulu selama kurang lebih lima menit, baru bersihkan dengan kain lap.



Keempat, Oven
Kalau bagian dalam oven ternoda dengan noda yang lengket sekalipun, bisa dibersihkan dengan menggunakan garam. Cukup dengan manaburkan garam pada permukaan noda. Diamkan beberapa saat hingga noda mengering dan menjadi kerak. Setelah oven dingin, bersihkan kerak dengan menggunakan spatula.



Kelima, Lemari Es
Campuran garam dan soda kue dalam perbandingan yang sama, bisa dipergunakan untuk membersihkan kotoran dan menghilangkan bau tak sedap pada lemari es. Caranya, taburkan campuran tadi pada permukaan spons lembab, lalu gunakan untuk mengelap bagian dalam lemari es.

Dengan bahan-bahan sederhana yang bisa didapatkan dari lemari dapur, noda-noda membandel di peralatan dapur kita pun bisa hilang.

3 comments:

  1. Risma,

    Membersihkan ovennya ketika oven masih panas gitu? Kok ada kalimatL setelah oven dingin, bersihkan kerak dengan menggunakan spatula.

    Waah...menaburkan garamnya agak ngeri nih saya, kalo harus masih panas :D

    Makasih infonya. Sudah dicoba semua ya?

    ReplyDelete
  2. Bener, mbak..
    Kalau nggak berani naburin garamnya waktu oven masih panas sekali, tunggu aja sebentar. Yang pasti, suhu panasnya harus masih cukup untuk melumerkan taburan garam tadi. Nggak harus dalam kondisi panas sekali juga udah bisa lumer kok.

    Saya nemu tips ini di majalah interior. Sudah dicoba semua dan hasilnya memuaskan ^_^
    Apalagi untuk coffeemaker dan cangkir teh.

    ReplyDelete
  3. okiiieeeee....saya coba yaaaa! Makasiih!

    :D

    ReplyDelete

Visit my other blogs:
Mommy Mayonnaise
Mirror On The Wall
Cerita Film

Spamming and insulting comments are not allowed and will be deleted for sure. Thanks for sharing your opinions.

Shelfari: Book reviews on your book blog
Blog Widget by LinkWithin
 

~Serendipity~ | Simply Fabulous Blogger Templates | Mommy Mayonnaise | Female Stuff