Monday, March 2, 2009

Makanya, mulut itu harus dijaga


Ungkapan kalau mulutmu adalah harimaumu ini memang cocok ditujukan kepada Catherine Wilson. Karena tidak mampu mengendalikan diri, dia mengeluarkan kata-kata yang tidak sepantasnya terhadap orang lain di hadapan media. Akibatnya, dia dituntut secara hukum. Semua orang yang mendengar perkataannya pasti bisa langsung menyadari, kalau ucapan Catherine itu memang sangat penuh dengan penginaan. Terlepas dari masalah apapun yang mereka miliki, tak seharusnya harga diri seorang manusia direndhkan seperti itu dan dilakukan di hadapan khalayak ramai pula.

Kata-kata 'tidak selevel' atau 'ngaca dong', mumgkin sering dianggap bercanda dalam bahasa keseharian. Tapi maknanya jadi berbeda kalau diungkapkan dengan mimik menghina dan gerak tubuh yang penuh ejekan. Apalagi kalau diungkapkan oleh seseorang yang tidak kita kenal.
Jadi, wajar kalo Andi Soraya merasa sangat tersinggung. Apalagi Catherine mengabaikan suruhan Andi untuk meminta maaf. Apalagi Andi merasa harga dirinya sebagai seorang keturunan bangsawan Bugis telah terinjak-injak.

Seandainya saja Catherine Wilson tidak terlalu angkuh untuk meminta maaf dan menarik kembali kata-katanya, tentu dia tidak akan dilaporkan ke polisi. Egonya yang membuat dia makin terjebak.
Harga diri yang terluka, bisa membuat seseorang melakukan segala hal untuk bisa memulihkannya kembali.

Pepatah 'mulutmu adalah harimaumu' bukan dibuat oleh anak kemarin sore. Tapi, oleh orang-orang bijak yang sudah memiliki pengalaman hidup dan ingin membagikannya pada yang lebih muda. Kalau saja Catherine Wilson memahami makna pepatah itu, pasti dia tidak akan terlibat masalah seperti ini.

No comments:

Post a Comment

Visit my other blogs:
Mommy Mayonnaise
Mirror On The Wall
Cerita Film

Spamming and insulting comments are not allowed and will be deleted for sure. Thanks for sharing your opinions.

Shelfari: Book reviews on your book blog
Blog Widget by LinkWithin
 

~Serendipity~ | Simply Fabulous Blogger Templates | Mommy Mayonnaise | Female Stuff