Monday, April 5, 2010

Taman Hewan- Pematangsiantar

Bingung mencari tempat bersantai bersama keluarga yang nyaman, kalau lagi libur panjang seperti libur Paskah tahun ini. Mau ke Parapat, bosan. Karena selain sudah sering kesana, hampir setiap kali kami pergi kesana, pasti hujan. Akhirnya kami memutuskan kalau masih ada satu tempat liburan lagi yang "nggak pake jauh" tapi tetap menarik. Taman Hewan! Ahaaa...

Taman hewan Pematangsiantar adalah milik seorang pemburu berlisensi yang juga memiliki museum hewan-hewan yang sudah di-air keras di Medan, Rahmat Shah. Dia mengelola Taman Hewan ini sedemikian rupa hingga menyerupai hutan lindung dan variasi hewannya yang banyak (jauh lebih banyak dari Taman Hewan di Medan). Disini kita juga masih bisa menemukan berbagai jenis pohon yang sudah berusia tua dengan akar raksasanya seperti gambar ini.
Akarnya menjurai sedemikian rupa hingga menyerupai aliran air dan berwarna cerah. Semua pohon disini adalah jenis pohon yang dilindungi dan dilestarikan. Tak heran, suasananya benar-benar seperti hutan. Di bawah ini ada beberapa foto dari beberapa hewan-hewan eksotis yang ada di Taman Hewan Pematangsiantar. Hasil liburan kemarin.

Yang pertama sekali kami temui adalah kandang rusa besar. Sebenarnya malah ini tempat yang paling mengasikkan karena rusa-rusanya terlihat "jinak". Sehingga adik perempuanku tak bosan-bosannya memberikan mereka makan kacang kulit.
Bahkan Asha juga ikut memberi makan rusanya.

Oh ya, seumur-umur, baru sekali ini aku melihat unta secara langsung (jangan ditertawakan ya. Hahaha).
Hewan malang ini sedang terlihat gelisah karena mendengar raungan ribut hewan-hewan lain di sekitarnya, sehingga dia berjalan mondar-mandir dan tak bisa diam. Sebenarnya Lama juga ada, tapi aku nggak berani dekat-dekat. Takut diludahi. Hehehe...

Salah satu jenis hewan yang menjadi kebanggan Taman Hewan Pematangsiantar ini adalah Harimau Putih dan aku beruntung bisa memotretnya. Sebenarnya harimau putih ini ada di dua kandang , tapi yang di kandang satu ini saja yang harimaunya sedang berjalan mondar-mandir. Sementara yang lainnya berbaring bermalas-malasan.

Ukurannya luar biasa besar. Sebelumnya aku hanya melihat harimau cantik ini dalam bentuk yang sudah kaku di-air keras. Jadi, rasanya luar biasa sekali kalau bisa melihatnya dalam ukuran asli dan hidup! Tubuhnya besar sekali dan cara berjalannya terkesan "berwibawa". Aku yakin, calon mangsanya akan merasa terindimidasi jika bertatapan mata dengannya. Hewan yang cantik sekali.

Rusa tutul termasuk dalam ketegori hewan imut bagi kami. Hahaha. Sama seperti rusa besar yang sudah kami temui di dekat pintu masuk tadi, yang ini juga suka sekali makan kacang kulit.

Kandangnya berukuran luas dan kering. Banyak anak-anak yang berkerumun untuk melihat gerombolan rusa ini. Menurutku, wajar saja anak-anak itu senang dengan jenis rusa yang lebih mungil ini. Gimana tidak gemas kalau melihat tampangnya seimut-imut ini ketika difoto? Hehehe

Sebenarnya masih ada beberapa foto lagi, tapi aku pajang di blog ku yang lain. Seperti si burung merak cantik yang angkuh dan suka pamer yang bisa dilihat di Female Stuffs dan zebra cantik yang terlihat fotogenic di Mommy Mayonnaise. Taman Hewan memang tempat yang paling tepat untuk mengajarkan agar putra-putri kita menjadi pribadi yang menyayangi hewan. Meskipun sebenarnya aku tidak 100% setuju dengan keadaan dimana hewan-hewan yang luar biasa itu hidup terkurung di kandang dan jadi tontonan manusia, padahal sebenarnya mereka memiliki hak untuk hidup bebas di alam liar seperti seharusnya. Tapi sedikit banyak aku tetap merasa beruntung memiliki taman hewan yang bagus ini di kota kelahiranku.

Karena aku jadi bisa memperkenalkan beberapa dari ribuan spesies hewan pada anakku. Belajar dengan melihat langsung pasti akan lebih menarik daripada sekedar melihatnya di buku, bagaimanapun bagusnya gambar hewan-hewan itu. Iya kan?

6 comments:

  1. Koleksi binatangnya lumayan lengkap ya...
    Tempat yang tepat untuk belajar dan bersantai :)

    ReplyDelete
  2. dengan belajar melihat langsung anak-anak biasanya lebih suka ya

    ReplyDelete
  3. wow...jadi pengen ngaspal kesana neh jeng...

    ReplyDelete
  4. ingin kesana juga saya, tp tergantung keadaan.T_T

    ReplyDelete
  5. yup,setuju sist!!!itu sarana pembelajaran yang bagus!!!eh sist punya info browsing net yang aman tdk buat anak kecil???soalnya anakku bentar lgi naik kelas 1 dan sudh ada peljaran net!!!now aja tk udh wajib bisa baca/tulis!!!makin susah tuh skul now!!!hehehe!!!diwait infonya yah sist!and selamat hari paskah juga!GBU!

    ReplyDelete
  6. aku suka banget ke kebun binatang... suka suka suka... aku jadi kangen siantar.... dan brastagi.... :)

    ReplyDelete

Visit my other blogs:
Mommy Mayonnaise
Mirror On The Wall
Cerita Film

Spamming and insulting comments are not allowed and will be deleted for sure. Thanks for sharing your opinions.

Shelfari: Book reviews on your book blog
Blog Widget by LinkWithin
 

~Serendipity~ | Simply Fabulous Blogger Templates | Mommy Mayonnaise | Female Stuff