Friday, February 19, 2010

Neraka Di Infernonya-Dante (12)

Bagian Kedua Belas: Lapisan ke-sembilan (Cocytus)

Melewati Lapisan Ke-8 dan bagian-bagiannya, akhirnya Dante memasuki lapisan ke-9 ini. Tempat ini adalah untuk mereka-mereka yang telah menjadi penghianat semasa hidupnya. Berupa lautan es yang membeku, bahkan saking bekunya permukaannya menjadi lebih mirip seperti seprai daripada air yang membeku.

Lapisan ini terbagi atas empat area sesuai dengan jenis penghianatan yang dilakukannya.
Pertama, Caina, untuk mereka yang mengkhianati kerabat keluarganya.
Area paling luar dari inti neraka ini dinamai Caina, yang diambil dari nama Cain. Ia adalah pendosa pertama dalam kategori ini, karena dia telah tega membunuh adiknya sendiri, Abel, karena dengki. Hukuman untuk mereka adalah terkubur hampir seluruh tubuhnya di dalam hamparan es yang membeku itu, kecuali bagian wajah. Penderitaan mereka terlihat dari kesakitan dan kerutan yang tergambar di wajah mereka.

Kedua, Antenora, untuk para penghianat terhadap negaranya.
Seperti halnya Caina, nama Antenora juga memiliki latar belakang. Antenora adalah nama seorang prajurit Troya yang telah menghianati kotanya dan menyerahkannya ke tangan Yunani. Tak hanya terhadap negaranya saja, tempat ini juga menampung para pendosa yang telah menghianati kota-nya ataupun partai politiknya. Hukuman untuk mereka adalah ditanam di dalam es hingga sebatas leher, sehingga hanya kepalanya yang terlihat.

Ketiga, Ptolomea, untuk penghianat terhadap tamu dan atasannya.
Ptolemy adalah nama seorang kapten dari Yerikho, yang telah membunuh ayah mertua dan kedua saudara iparnya ketika mereka sedang makan. Ptolomea adalah tempat untuk mereka yang telah menghianati tamu, majikan, rekan sekelompok, ataupun hubungan sosial sejenis lainnya. Mereka mendapat dua jenis hukuman. Bagian belakang tubuhnya tertanam di dalam es yang membeku, sementara di bagian depan yang berada di permukaan es, wajah dan mata mereka akan membeku karena air mata. Mereka bisa bercerita tentang keadaan tempat itu, kalau lapisan es di bagian wajah mereka disingkirkan. Dikatakan bahwa jiwa-jiwa yang berada di tempat ini sebenarnya masih memiliki raga yang mendiami dunia nyata. Hanya saja, raga mereka itu sudah dirasuki oleh setan. Jadi, siapapun yang melakukan penghianatan jenis ini, jiwa mereka sebenarnya sudah dikirim langsung ke Ptolomea.

Keempat, Judecca, untuk mereka yang menghianati Tuhan (penciptanya)
Hukuman untuk pendosa yang paling berat ini adalah dengan terkubur hingga seluruh badan di dalam lapisan es yang membeku. Di bagian paling tengah area ini, akan terlihatlah Lucifer, raja setan, malaikat kegelapan yang jatuh ke dalam dosa. Dia juga terkubur dalam es yang membeku di bagian tengah Judecca, tapi setengah bagian dadanya masih berada di permukaan. Tubuhnya luar biasa besar dengan bentuk sayap seperti kelelawar.
Lucifer punya tiga wajah, yang dipergunakannya untuk mengejek Trinitatis (Allah Tritunggal). Wajah yang menghadap ke depan berwarna merah. Wajah ini akan menggantikan “Kasih Allah” dengan kebencian tiada tara. Disebelahnya berwarna kuning, yang menggantikan “Kemahakuasaan Allah” dengan ketidakmampuan. Wajah yang ketiga berwarna hitam untuk menggantikan “Kebijaksanaan Allah” dengan ketidakperdulian.

Masing-masing wajah memiliki mulut dari penghinat-penghianat terhadap Tuhan yang paling buruk sedunia. Mulut yang pertama adalah milik Judas Iskariot yang menghianati Kristus demi tigapuluh keping uang perak. Ia mendapat hukuman yang terburuk dengan berada dikunyah oleh wajah yang berwarna merah dan dicakar oleh sayap Lucifer yang berbentuk sayap kelelawar itu. Mulut yang kedua adalah milik Marcus Brutus, yang telah menghianati Caesar, dia dikunyah oleh wajah yang berwarna hitam. Mulut yang ketiga adalah Caius Cassius Longinus yang juga merupakan penghianat Caesar.

Dan untuk bisa mencapai Pintu Keluar Neraka, Dante dan Virgil harus melewati tubuh Lucifer terlebih dulu.

No comments:

Post a Comment

Visit my other blogs:
Mommy Mayonnaise
Mirror On The Wall
Cerita Film

Spamming and insulting comments are not allowed and will be deleted for sure. Thanks for sharing your opinions.

Shelfari: Book reviews on your book blog
Blog Widget by LinkWithin
 

~Serendipity~ | Simply Fabulous Blogger Templates | Mommy Mayonnaise | Female Stuff